Oleh : Subliyanto.,S.Kom
Internet marketing adalah strategi memasarkan produk melalui internet dengan tujuan promosi, branding, meningkatkan penjualan, juga mempengaruhi konsumen untuk membeli, baik itu barang ataupun jasa.
Tujuan pemasaran sendiri tentunya dilakukan agar dapat mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk yang di jual akan cocok sesuai dengan keinginan pelanggan, sehingga produk tersebut dapat terjual dengan sendirinya
Jenis-Jenis Pemasaran
1. Word of Mouth Marketing (WoMM) Word of mouth marketing adalah informasi produk yang didapatkan oleh konsumen dari konsumen lain secara verbal dan langsung. Dikenal juga dengan promosi dari mulut ke mulut.
2. Public Relation Marketing (PR Marketing)
Public Relations merupakan salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang penting. Banyak perusahaan yang bekerjasama dengan media untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran produk) produk mereka dan benefit yang bisa didapat oleh konsumen saat produk ini mereka miliki.
3. Relationship Marketing
Membangun hubungan (relationship) dengan konsumen adalah cara yang efektif untuk memasarkan produk. Analoginya saat loyalitas konsumen telah terbangun maka ketika perusahaan meluncurkan produk baru para konsumen dengan sukarela akan membeli produk tersebut.
4. Digital Marketing
Digital marketing memanfaatkan semua sumber daya dan asetnya melalui online. Digital marketing atau pemasaran digital memaksimalkan segala potensi yang ada di internet agar bisa mencapai target perusahaan. Selain itu digital marketing juga cara yang efektif untuk membangun brand dengan biaya yang rendah. Target pasarnya juga bisa ditentukan karena banyak penyedia jasa iklan yang memiliki fitur ini.
5. Branding
Sebuah produk selayaknya memiliki target pasar, serta nama atau “merek,” untuk dikenal. Branding adalah salah satu dari jenis-jenis pemasaran yang memiliki fungsi sebagai promosi jangka panjang. Branding sering kali menyertakan nama, slogan, dan logo.
6. Iklan Siaran
Radio atau Televisi sebagai media pemasaran adalah salah satu bentuk iklan berbayar yang umum digunakan oleh perusahaan atau pemilik bisnis. Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini iklan di radio sudah jarang digunakan kecuali lewat televisi.
7. Multi-Level Marketing
Multi-level marketing adalah bentuk pemasaran secara langsung yang melibatkan banyak orang di mana perusahaan merekrut dan menjual produk-produknya. Multi-level marketing sering dikenal juga dengan sebutan network marketing karena tenaga pemasarannya mendapatkan komisi dari produk yang mereka pasarkan serta komisi pemasaran dan penjualan dari jaringannya.
Berikut adalah tips pemasaran yang efektif lewat internet
- Mengidentifikasi dan segmentasi target audiens
- Membuat iklan di Facebook YouTube dan google
- Menciptakan landingpage atau website dengan penawaran
- Mengatur retargeting untuk mengembalikan pengunjung yang keluar
Peraturan konversi tinggi
Tawarkan satu produk atau jasa perhalaman penawarannya agar konsumen bisa fokus dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
Untuk retargeting hitung saja orang yang menghabiskan waktu sampai dengan 45 detik di website jangan menarget yang dibawah 45 seperti 30 atau 10 detik
Post a Comment